Wisata Impian di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur


Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Inilah tempat tinggalku sekarang. Namun ini sangat menyenangkan bagiku tinggal di kota baru, suasana baru, teman baru, dan pacar baru hahahahahaha. Tapi apa hal baru yang aku paling ingin tau. Hal baru itu adalah menambah daftar tempat wisata yang pernah aku kunjungi. Setelah cukup lama tinggal di sini punya kenalan baru ya mulai beraksi untuk mencari info tempat wisata yang bagus di sini. Akhirnya aku dapat 4 tempat wisata yang ada di sekitar sini :

  1. Kebun Raya Purwodadi
    1. Alamat : Jl. Raya Purwodadi – Kabupaten Pasuruan, Lihat Peta
    2. Email : kriplipi@malang.wasantara.net
    3. Website : http://www.krpurwodadi.lipi.go.id
    4. Phone : (0341) 426046
    5. Foto :

    Foto Kolam di Kebun Raya Purwodadi
  2. Taman Safari Indonesia 2 Prigen
    1. Alamat : Lihat Peta
    2. Email : marketing@tamansafari2.net
    3. Website : http://tamansafari2.com & http://tamansafari2.net
    4. Phone : (0343) 7735000 [hunting], (0343) 7750225 [sales & marketing direct line]
    5. Foto :

      Peta Taman Safari 2
  3. Air Terjun Kakek Bodo
    1. Alamat : Wisata Tretes, Prigen, Jawa Timur
    2. Email : –
    3. Webiste : –
    4. Phone : –
    5. Foto :

    Air Terjun Kakek Bodo
  4. Candi Jawi
    1. Alamat : Prigen, Jawa Timur (Lihat Peta)
    2. Email : –
    3. Website : –
    4. Phone : –
    5. Foto :

    Candi Jawi
  5. The Pines
    1. Alamat : Taman Dayu, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur
    2. Email : –
    3. Website : http://www.thetamandayu.com/recreational-the-pines.php
    4. Phone : –
    5. Foto :

      The Pines

Nah sudah ada 5 tempat wisata yang ada di sekitar sini. Trus kenapa judulnya “Wisata Impian di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur” ? Nah untuk menjawab pertanyaan itu kita lihat dulu akar masalahnya. Di Pandaan cuman ada 4 tempat wisata itu. Beda dengan di daerah Batu, Malang yang banyak dengan wisatanya seperti Jatim Park 01, Jatim Park 02, Batu Night Spectacular (BNS), Coban Rondo & Coban Pelangi, Songgoriti, Cangar, Pantai Balaikambang, Pantai Sendang Biru, bahkan Pulau Sempu. Lengkap deh lo di Malang lo mau cari apa aja pasti ada maka pantaslah lo disebut dengan Kota Wisata. Tapi kali ini kita tidak lagi bicarain Kota Wisata Malang. Kita kan bicara soal wisata di Pandaan.

Jatim Park 01

Pandaan tidak memiliki tempat wisata yang sebanyak di Malang. Kita kan tidak mungkin lo cuman ke tempat wisata yang 4 tak sebutin di atas melulu. Pastinya yang ada kita kan bosan. Akhirnya jadi pengen tau aku tempat wisata apa yang ingin ada di kota Pandaan ini. Aku tergolong orang yang aktif di jejaring sosial terutama Facebook (Add aku yah kawan – kawan hanggarps ^_^). Dari jejaring sosial aku banyak melakukan penambahan teman terutama teman yang berasal dari Pandaan. Kemudian aku tanya kepada teman – temanku di Pandaan apa wisata impian kalian di Pandaan ? Jawaban mereka beragam sekali. Berikut jawaban yang saya telah terima dari kawan – kawanku di jejaring sosial :

  1. Wisata Pantai
    1. Lo boleh komentar ini sich ide yang aneh gtu, tapi semua ide itu harus gila biar memberikan inspirasi dan inovasi baru. Tapi tetep aja ni gak mungkin lo ide jadi terwujud pasti Malang jadi Lautan hahahahaha. Kalau boleh usul daripada pada pantai mending manfaatin tempat yang ada seperti Lumpur Lapindo itu dipake aja buat wisata air. Ntar pada luluran pake lumpur gtu pasti kulitnya jadi halus hihihihi. Lo cuman wisata air yang dicari ada itu beberapa kolam renang di Pandaan yang bisa saya rekomendasikan.
    2. Wisata Pantai
  2. Wisata Arena Bermain
    1. Ada yang pengen wisata arena bermain seperti Jatim Park. Jatim Park kan luas banget tuch. Misal lo ide itu terwujud pasti banyak banget para petani yang akan beralih profesi. Kenapa beralih profesi yah karena sawah jadi arena bermain gtu. Mereka kan jadi penjaga arena bermain yang memakai caping (topi khas para petani) hihihihi. Nanti nama tempatnya “Caping Island” unik kan.
    2. Arena Bermain
  3. Wisata Belanja
    1. Nah yang satu ini yang paling banyak mendapat sorotan dari teman – temanku. Mereka paling banyak pengen ada wisata belanja alias mall gitu. Karena memang di sini tidak ada mall jadi buat para pengusaha yang banyak duwit tapi bingung mau ngabisin duwit kemana. Cepet bikin mall aja di Pandaan pasti laku keras deh. Dijamin wis karena sudah tak survey. Anak muda di sini lo mau belanja ke mall yang harus ke Malang (Matos, MOG, Malang Plaza) atau Surabaya (Sutos, JMP, Tunjungan Plaza, dll). Lo di Pandaan sich yang ada cuman toko baju doank. Kenapa banyak toko baju mungkin karena baju mereka pada cepet rusak jadi sering beli baju gtu hihihihi.
    2. Wisata Belanja

Itulah wisata impian yang teman – temanku inginkah. Sekarang tinggal 1 orang yang belum aku tanya. Apa wisata impian kamu mas Hang ? Lo ditanya ini aku akan menjawab dengan 2 jawaban :

  1. Alun – Alun Kota
    1. Alun – Alun Sidoarjo
    2. Alun – Alun Bangil
    3. Alun – Alun Satyanegera Sukoharjo, Jawa Tengah
    4. Dulu semasa masih di Sukoharjo, Jawa Tengah, tiap minggu pagi aku selalu joging ke alun – alun kotanya. Alun – alun kotanya cukup luas jadi bila joging mengitari itu alun – alun 3x aja yah udah sangat amat capek. Ketika aku sampai di Pandaan yang aku tau tempat jogging cuman ada 1 yaitu di Taman Dayu (Lihat Peta). Berbeda dengan track yang aku sering lewati untuk jogging yang memutari alun – alun kota Sukoharjo yang berbentuk persegi, namun di Taman Dayu tracknya hanyalah sebuah jalan yang lurus. Walau dibandingkan dengan alun – alun kotaku dulu Taman Dayu lebih sejuk dan indah dengan pepohonannya yang cukup rindang namun aku lebih suka di alun – alun kotaku yang dulu. Karena bila sudah capek kan kita bisa beli jajanan seperti : es bubur kacang ijo, bubur ayam, jamu, es teh, kue leker dan banyak deh pokoknya. Lagian di Taman Dayukan ada larangan tuch
      Larangan di Taman Dayu
      Larangan di Taman Dayu

      jadinya gak seasyik di tempat aku dulu. Denger – denger sich mau dibuat alun – alun di Pandaan. Masa Sidoarjo ada alun – alun. Bangil juga ada alun – alun masa Pandaan yang di tengah – tengahnya gak ada alun – alun. Dari kabar burung yang aku dengar katanya sich kalau tidak di Pasar Pandaan, Terminal Pandaan ya mungkin di deket Taman Dayu, tapi ya gak tau lah aku tempat pastinya kapan. Tapi aku berharap banget ada alun – alun di sini jadinya bisa jogging dengan nyaman.

  2. Bioskop
    1. Foto Bioskop Kediri
    2. Bioskop jadi wisata impian ? Kalian pasti heran kenapa ini jadi wisata impian. Secara aku termasuk orang yang jarang nonton ke bioskop hahahaha. Karena pikirku dulu nonton di komputer lebih asyik kan tidak pake bayar gitu. Tapi dulu pas di Kediri aku nonton bioskop ama pacarku ternyata asyik juga yah. Jadi ya kepengin di sini jua ada bioskop biar gak diejek ama pacar di sini gak ada bioskop gak gaul gitu katanya.
  3. Wisata Industri
    1. Perusahaan Air Kemasan Cheers
    2. Easterntex
    3. Di Pasuruan kan banyak banget tuch pabrik – pabrik. Ada pabrik tutup botol, ada pabrik minuman ada pabrik textile. Kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk wisata industri. Pastinya akan lebih baik. Tidak sekedar untuk menghasilkan produk namun juga dapat menambah wawasan generasi muda. Mereka kan jadi tahu dunia industri itu seperti apa sich ?

Dah tiga sajalah wisata impian yang aku inginkan ada di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur bila terlalu banyak namanya bukan wisata impian lagi. Sebelum wisata impian kita terwujud sudah sepantasnya kita mulai dari sekarang untuk rajin menabung untuk persiapan mengunjungi wisata – wisata impian tadi bila kelak sudah ada.

55 thoughts on “Wisata Impian di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

  1. ternyata wisata impian itu maksudnya yang gak ada yak.. hehehe..

    Kalau aku malahan bosen di sini coz tempat jalan-jalannya cuma mall ke mall aja >.<

    1. Silakan dipilih di daerah sini khususnya Malang banyak banget daerah wisata yagn bisa dikunjungi dari gunung, airt terjen, perkebunan, arena bermain dan belanja sampai pantai dan pulau ada lengkap lo malang itu makanya dinamakan Kota Wisata

  2. Would love to visit Indonesia one day :). Nice post! I didn’t understand a word you’ve written but the photos are nice 😀

    1. I’m sorry if i write this article with indonesia language. the meaning of wisata impian is dream touring
      pandaan, pasuruan, jawa timur is the place i live. so i write this article because i dream some touring place in my town. Thx for your appreciate of my photos. Hope you sometimes visit Indonesia as soon as possible

      1. No problem at all :). Thanks for translating that for me :).

        I would definitely love to visit and come and see the lovely sights Indonesia has to offer. Obviously I’m very interested in Borobudur, Prambanan, Bali. But I’d love to visit the less well-known places too. Fingers crossed I shall visit it soon. 🙂

      2. A littel information : many foreign tourist love to visit that place laike borobudur, prambanan, and bali. that kind place is give your the scenerny of temple. the beautiful place that may be you like is Raja Ampat. it’s nature touring place. It is ini Papua. There are not too many people that have been visited it so it’s not crowded. I suggested it. Honestly i haven’t visited that place. And hope some time visit it.

      3. I don’t know how I forgot to mention Raja Ampat. while i was doing some research on countries (which I do a lot), I came across photos of Raja ampat and I was in love. Lovely blue water. It seemed like a dream. Like seriously. But is it difficult to get there? I mean it must be easy to get to Borobudur and Prambanan because they are in Central Java – and Bali is obviously close to Java. But I guess one has to fly to get to raja ampat. That was definitely on my list of places to go to. However I didn’t know that many tourists don’t know about it. I like quiet places without many tourists :). Thanks for the information. Now I KNOW i have to go there too :D. Have you ever been to raja ampat?

      4. Absolutely no. :D, well maybe sometimes we can vsit together. i suggested you to visit there because i think if you visit prambanan or borobudur you will be dissapointed because you know, my citizenz haven’t reliaze about the hygiene. I’m sorry if my english is bad

      5. Hehehe – hygiene is definitely an issue. But that’s nothing something I would really worry about if I want to see a historical site (I love historical sites 🙂 ).
        Your english is not bad at all so please don’t apologise.
        And if I ever come to Indonesia – I’ll let you know definitely :). Raja Ampat’s on the list then :D.

      6. I’m working now. Got done with college almost 2 years ago. What about you?

      7. Heheh – we’re similar. 😀 I’ve been doing a number of things. Joined a news agency after college. Then taught for a few months. And since a month now, I’ve been doing content writing. What about you? what kind of job are you doing? 🙂

      8. i’m working in human resource development, although i’m just admin in there but i’ve get a lot of experience. by the way do you have a facebook or twitter account, wanna see your face if you let me

      9. that sounds cool. yeah i’m on facebook. I think I just found you on facebook. Is your profile pic the one with something looking a bit like a light green rabbit? 😛

      10. Is she your fiance? so cute 😀 Both of you are rabbits 😀 hehehe. wait i’ll add you 🙂

      1. Hehehe – yeah and the first few letters of Indonesia and India are the same 😛

      2. hhahhaha oke an, hanggar wanna take a rest. it’s too night so i have to sleep so tomorrow can prepare my body for hard work nice to met you

      3. Hahah sure thing. I know it must be very late there. Goodnight! nice talking to you too 🙂

  3. saya malah krg setuju kalo ada wisata belanja modern di pandaan. biarkan menjadi kota yg ramah lingkungan seperti dalat n langkawi dg hutan dan taman yg banyak

  4. Insyallah tahun ini Pandaan akan di bangun Taman Kota pandaan di sekitar tengah-tengah jalan raya pandaan tepatnta di Polsek Pandaan itu jadi ntar di bilas semua bunderan situ dan akan di bangun Pandaan Square, Pasar wisata, Insyallah juga akan Ada Jatim Park 3 atau Pandaan Park di prigen sebab PanKot (padaan kota) mau berkembang pesat buat argo wisata. sebeb di tretes desa ledug atas lagi ada wisata Paralayang / Buat para muda mudi yg ingin meresmikan pacarannya ada juga Gembok cinta kaya di luar negeri 😀

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^