Disable Klik Kanan Pada Blog


Kalian sebel banget yah artikel kaliah banyak dicopy paste sama orang lain yang tidak bertanggung jawab. Mereka gak bikin tulisan sendiri ehhhh pake artikel orang lain. Seenggaknya bila copy paste orang lain cantumkan sumbernya jadi paling tidak yang punya tulisan tidak terlalu rugi gtu lo. Tapi tetap saja copy paste tulisan itu tidaklah baik menurut ajaran Arsip Merah Putih. Solusinya adalah kita dengan melakukan disable / menonfungsikan klik kanan. Kan biasanya orang melakukan copy dengan cara :

  1. Blog artikel.
  2. Klik kanan artikel.
  3. Pilih Copy.
  4. Trus cari tempat untuk meletakkan copy pastenya (bisa di office dokumen atau di postingan).

Pembaca : Mas kelamaan nulis kalimat pembukannya langsung aja deh bagaimana cara mendisable klik kanan pada blog ?

Pengarsip : Sabar mas / mbak oke deh langsung aja tak kasih tau caranya.

  1. Masuk ke akun blogger kamu.
  2. Pergi ke bagian layout.
  3. Tambahkan gadget text html.
  4. Masukkan kode berikut :
  5. <script>
    var message=”Maaf, klik kanan saat ini saya disable by hanggarps “;
    ///////////////////////////////////
    function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}}
    function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}}
    if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;}
    else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;}
    document.oncontextmenu=new Function(“alert(message);return false”)
    </script>
  6. Ganti tulisan yang di cetak tebal itu dengan tulisanmu (ini pesan peringatan yang keluar saat orang melakukan klik kanan di blogmu).
  7. Lihat yang sudah jadi di sini.

NB : Cara ini sementara masih berhasil di Blogger saja belum saya coba di WordPress karena mungkin bila di WordPress kita pakai pluggin saja gtu.

Semoga dapat membantu bila ada yang kurang jelas silakan tanya dengan mengirimkan komentar di bawah ini. Saya akan memberikan jawaban sebaik yang saya bisa.

6 Comments Add yours

  1. Citra Taslim says:

    Koq saya masih bisa ngopy tulisan di arsip merah putih ya?.🙂

    1. Hanggar PS says:

      karena di Arsip Merah Putih tidak saya blokir kawan dan juga belum nemuin cara blokir klik kanan karena masih pake free akun mungkin

      1. Citra Taslim says:

        walah,,,kirain udah di blokir.

      2. Hanggar PS says:

        huuumt belum kawan menurutku lo diwordpress pake pluggin tapi itu kan feature berbayar, lo ente pake yang berbayar lum mau gtu hahahah

  2. stkip says:

    info yang sangat membantu..makasih sob…

    1. Hanggar PS says:

      Terima kasih mas, Tdi aku sudah buka blog sampeyan mas. Ternyata langsung diterapkan yah

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s