Tips Tetap Bugar di Masa Lansia


Setiap insan manusia pasti akan mengalami yang namanya tua. Orang pasti berpikir bahwa mereka takut tua. Karena biasanya bila sudah tua, hanya sedikit aktifitas saja yang dapat kita lakukan dengan maksimal dikarenakan kondisi tubuh yang sudah tak mampu lagi untuk diajak kompromi dalam melakukan aktifitas yang berat. Bagi mereka yang tidak ingin dikalahkan oleh usia berikut ada beberapa tips yang dapat Anda praktekkan agar kondisi tubuh Anda tetap bugar di usia yang sudah lanjut :

  1. Makan : Tentu saja makan akan menjaga tubuh kita tetap bugar. Namun jangan makan sembarangan. Karena tubuh Anda bisa jadi lebih rewel di usia ini. Dalam hal memilih bahan makanan juga perlu diperhatikan. Usahakan agar tidak terlalu sering menggunakan bahan makanan yang berpengawet. Konsumsi buah secara teratur untuk memberikan tubuh nutrisi dan vitamin.
  2. Olahraga : Makan makanan organik dengan teratur saja tidak cukup. Perlu kita imbangi dengan olahraga yang teratur sesuai dengan porsi kebutuhan tubuh kita. Misal : Bila Anda mempunyai penyakit darah tinggi, maka jangan terlalu memaksakan diri ketika Anda sudah capek karena yang ada malah menyiksa tubuh kita sendiri.
  3. Agama : Bila kebutuhan jasmani sudah terpenuhi, selanjutnya adalah kebutuhan rohani. Meningkatkan spiritual kita memang sangat dianjurkan dalam Islam. Beberapa hal yang dapat meningkatkan spiritual kita adalah meliputi : bersilaturahmi kepada keluarga, teman dan tetangga, bersikap dermawan, mengikuti pengajian dsb. Dengan rohani yang bersih, akan menciptakan pikirah yang bersih, pikiran yang bersih akan memberikan tubuh yang sehat🙂. Setiap kegiatan yang bernilai ibadah, dapat menyehatkan badan dan mental, baik ibadah pribadi maupun ibadah yang berkaitan dengan kehidupan sosial.

Sayangilah diri Anda. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi hari tua dengan memulai hidup sehat di usia muda Anda sekarang. Jangan sia-siakan masa muda Anda. Semoga dapat bermanfaat yah🙂.

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s