Wisata Kuliner Ikan Asap Bangil


Bila Sahabat Arsip sedang dalam perjalanan pulang dari Probolinggo ke Surabaya mungkin habis berkunjung ke Bromo. Tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir sebentar ke Kota Bangil, Pasuruan. Tepatnya ke daerah Kedungboto, Bangil. Di sini Sahabat Arsip dapat membawa oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah berupa ikan asap. Ada banyak ragam ikan air tawar yang dapat Sahabat Arsip temui disini seperti bandeng, mujaer, patil, nila dsb. Tapi Bang Arsip merekomendasikan untuk membeli yang bandeng saja karena kata bundaku lebih enak yang mujaer.

Lokasi  Kedungboto. Bila masih bingung Sahabat Arsip dapat cari arah dari Man Bangil

Untuk masalah harga kemarin ketika Bang Arsip beli bandeng itu harganya Rp 30.000,-/kg k’lo ikan yang lain kurang tau harganya hihihihihi:mrgreen:. Di sini kita diberikan kebebasan memilih ikan yang ingin kita beli. Ada yang ikan sudah mati adapula ikan yang masih hidup dan segar. So bila ada yang seger kenapa pilih yang mati. Bila Sahabat Arsip mampir kesini jangan terlalu siang yah nanti makin lama makin panas udaranya makin capek dech capek ah hahahahaha:mrgreen:. Pasalnya untuk membuat ikan asap ini bener bener matang diperlukan waktu sekitar 1 jam-an. So disini kesabaran diuji sekali.

La memang si penjual gak stok asapin ikan banyak toh Bang ?

Gimana mau nyetok orang pengunjungnya laris manis dan banyak sekali yang berdatangan, sampe-sampe ada yang pesen untuk nikahan. Huuumt jadi tambah yakin kayaknya disini emang tempat beli ikan asap yang tepat. Pokoknya lo beli ikan asap di sini siap siap ngantri wis hihihihihi. Berikut beberapa foto hasil dokumentasi oleh Bang Arsip ketika jajan Ikan Asap Kedungboto, Bangil :

Suasana Jalan di Ikan Asap Kedungboto
Photo by Hanggar PS
Pembeli berdatangan rebutan ikan asap
Photo by Hanggar PS
Paklek lagi ngilangin sisik ikannya
Photo by Hanggar PS
Ibu di sebelah kiri bilang, “Duch bikin perut keroncongan saja dech”.
Photo by Hanggar PS
Pakdhe lagi ngasapin ikannya
Photo by Hanggar PS
Ini ikan yang lagi diasapin pakdhe
Photo by Hanggar PS
Ikan Asap yang sudah matang
Photo by Hanggar PS

Melihat banyaknya pengunjung yang datang yang terbesit di benak Bang Arsip adalah bagaimana cara agar bisnis itu berkembang. Teringat oleh Taman Dayu yang mempunyai Food Teras & Food Veranda. Bagaimana lo bisnis ikan asap ini dibuat food court gitu pasti tambah laris. Ini ada impian Bang Arsip soal Wisata Kuliner Ikan Asap Kedungboto :

LOKASI SEBELUM

LOKASI SESUDAH

Dari 2 denah tadi sudah terlihat jelas bahwa sawah warga tersebut dibeli kemudian dijadikan food court. Tema foodcourtnya adalah rumah panggung dari bambu agar terlihat tradisional. Kenapa perlu diberikan tempat foodcourt karena yang saya lihat dan alami. Sangat membosankan menunggu dalam waktu yang cukup lama tanpa melakukan apapun. Nah food court ini bisa menjadi solusi untuk meraup untuk lebih atas kebosanan pembeli dalam menunggu ikan asap dengan menyediakan aneka camilan ataupun minuman. Kemudian karena di sekitar wilayah tersebut banyak produsen ikan kenapa tidak mengembangkan produk lain seperti ikan bakar dsb. Bila permintaan semakin banyak maka tambak-tambak ikan akan semakin produktif dan mengurangi penutupan tambak untuk perumahan. Sehingga efek jangka jauhnya adalah daerah resapan air tetap ada dan tidak ada banjir seperti yang terjadi beberapa minggu yang lalu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari oleh-oleh ataupun bagi pemerintah Kab. Pasuruan untuk dapat mengembangkan dan memanfaatkan komoditas ikan yang ada di Bangil lebih efisien.

8 Comments Add yours

  1. ALE says:

    Wah, kelewat saya ini.
    Pdhl sering ke Bangil daerah alun2😀

    1. Hanggar PS says:

      ayoooo monggo dicoba mas, tapi spt kata saya mesti siap antriiii

  2. duniaely says:

    wah .. jadi pengen menikmati ikan asap juga nih🙂

    1. Hanggar PS says:

      Monggo dicoba enak kokkk

  3. nopan says:

    coba ah. taunya bangil ya cuma nasi punel aja

    1. Hanggar PS says:

      ati ati jangan terlalu sering makan nasi punel ntar kayak anjing punel

  4. Mang Yono says:

    kalau saya ndak pernah lewat daerah ini mas… kalau deket aja, pengen dah nyobain ikan asap gedungboto

    1. Hanggar PS says:

      monggo mas, mampir sini lo misal lewat. enak kok ikan asapnya🙂

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s