Kenali Penyebab dan Ketahui Cara Mengatasi Gangguan di Masa Kehamilan


Bagi Anda seorang calon bunda, ketika Anda sedang mengandung buah hati pasti Anda akan banyak mengalami sickliness. Apa itu sicklines ? Sicklines adalah rasa tidak nyaman di sekujur tubuh. Banyak sekali sickliness yang terjadi selama kehamilan. Hal ini memang terkadang membuat bunda dan bahkan sang ayah juga merasa khawatir. Tapi tak perlu khawatir bila Anda sudah mengetahui penyebab kenapa itu bisa terjadi dan juga cara mengatasinya.

Berikut adalah beberapa gejala sickliness dan cara mengatasinya :

Kulit Kusam, Melasma, Stretch Mark

Penyebab : Hormon memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin. Peningkatan aliran darah membuat pembuluh darah makin terlihat jelas di permukaan kulit.

Cara Mengatasi : Tidak perlu diatasi, karena akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Pakai sunblock saja untuk menghambat paparan sinar matahari.

Hidung Berair dan Mimisan

Penyebab : Peningkatan aliran darah, termasuk ke rongga hidung yang memiliki banyak kapiler. Selaput lender di rongga hidung pun mebebal, sehingga gambapng terluka dan berdarah.

Cara Mengatasi : Kompres hidung dengan air dingin. Kurangi kebiasaan membersihkan cairan hidung atau mengorek hidung dengan cuttonbuds.

Kaki Bengkak

Penyebab : Peredaran cairan limfatik dari kaki ke atas terhambat perut yang membesar. Juga karena gravitasi.

Cara Mengatasi : Kurangi aktivitas fisik yang berat, tinggikan kaki saat tidur, lakukan pijat hamil.

Gusi Bengkak

Penyebab : Perubahan hormonal. Ini juga tidak berbahaya.

Cara Mengatasi : Pilih sikat gigi yang lembut, gosok gigi dengan hati-hati. Hindari membersihkan gigi dengan tusuk gigi.

Keluar Cairan dari Mrs. V

Penyebab : Produksi sekresi lender di mulut rahim bertambah. Normal jika tidak berbau, tidak berwarna, dan bertekstur halus. Jika sebaliknya, maka kemungkinan terjadi infeksi jamur.

Cara Mengatasi : Konsultasi dokter, jaga higenitas daerah pribadi, hindari penggunaan cairan pembersih Mrs. V.

Berkeringat banyak

Penyebab : peningkatan metabolism, sehingga suhu badan ikut meningkat. Tubuh berkeringat untuk menjaga stabilitas suhu tubuh.

Cara Mengatasi : Kenakan baju berbahan tipis dan menyerapkeringat. Bila perlu, siapkan handuk kecil dan bedak di tas, untuk menjaga tubuh selalu segar. Minum banyak cairan.

Puting Membesar dan Berwarna Gelap

Penyebab : Hormo menyebabkan hiperpigmentasi di daerah-daerah yang memang sudah gelap. Normal bagi perempuan yang menyusui.

Cara Mengatasi : Tidak perlu diatasi. Putting akan kembali mengecil setelah proses menyusui.

Jadi tidak perlu khawatir lagi yah ayah bila bunda mengalami gejala-gejala di atas. Buat sang ayah lebih perhatianlah kepada bunda karena masa kehamilan adalah masa yang sangat berat. Bunda butuh dukungan, perhatian, dan kasih sayang yang penuh dari ayah. Mereka begitu kan juga karena sang ayah hihihihihi ^_^.

Sumber : Jawa Pos, Rubrik For Her (Edisi 3 Februari 2012)

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s