Pilih Tema Blog Yang Simple Atau Yang Cantik Ya


Berbicara mengenai membuat blog. Setelah Anda membuat account dan menentukan domain yang tepat, hal pertama yang Anda akan pikirkan adalah membuat tema atau desain blog yang bagus. Pertanyaanya adalah :

Tema atau desain bagaimanakah yang Anda perlukan ?

Apakah Anda membutuhkan blog dengan tema yang simple atau dengan tema yang bagus dan cantik ?

Untuk mengetahui tema apa yang cocok dengan kebutuhan Anda maka kita harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan antara tema yang simple dan tema yang cantik. Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan itu :

Tema Simple

Kelebihan blog yang menggunakan tema simple/minimalis :

  1. Simple : seperti namanya yang simple maka blog dengan tema yang simple akan lebih sederhana desainnya dan mudah dimengerti. Tidak terlalu banyak pernak-pernik yang malah membuat bingung para pengunjung blog itu.
  2. Loading lebih cepat : karena blog ini didesain dengan simple dan sederhana dan kita tidak banyak menambahkan pernak-pernik seperti : widget/gadget yang beraneka ragam (jam, flash animation, mp3 player), custom background (membuat gambar sebagai background) dll, maka blog ini akan lebih cepat diload apalagi zaman sekarang ini orang jarang ke warnet karena beralih ke modem. Modem masih tergolong lambat koneksi internetnya sehingga memutuskan membuat blog dengan tema yang simple adalah pilihan yang tepat guna mempertahankan pengunjung agar tidak lari karena blog yang terlalu berat di-load. Saya sendiri pun juga memakai tema yang simple saja karena atas pertimbangan ini.
  3. Mudah dimengerti : dengan desain yang minimalis seperti ini maka pengunjung akan lebih berkonsentrasi terhadap konten artikel kita karena tidak pernak-pernik yang mengganggu.

Kekurangan blog yang menggunakan tema simple/minimalis :

  1. Kurang menarik dan berwarna : bagi beberapa orang desain yang cantik dan menarik sangat penting. Mereka berasumsi bahwa desain yang cantik makan akan mempunyai isi yang menarik. Namun menurutku sekarang ini sudah banyak website yang menyediakan template yang bagus-bagus. Jadi desain yang cantik tidak dapat menjamin mempunyai konten yang menarik.
  2. Kurang cocok untuk blog yang bertujuan untuk afiliasi, marketing, forum, dan jual jasa : kenapa blog yang simple kurang cocok untuk hal-hal itu ? Karena desain tema yang minimalis tidak dapat mengakomodasi hal-hal itu. Contohnya : marketing yang baik bergantung pada desain tema yang cantik atau kompleks (terdapat banyak featurenya).

Tema Cantik

Kelebihan blog yang menggunakan tema cantik :

  1. Pembuatannya gampang-gampang susah : kenapa kuk bisa dikatakan gampang-gampang dan susah dan ini dijadikan salah satu kelebihan ? Hal itu dikarenakan banyak sekali situs dan blog yang menshare cara mempercantik blog sehingga ini merupakan kelebihannya yaitu banyak referensi yang dapat ditemukan. Berbeda halnya dengan desain tema blog yang simple, tidak banyak orang membahas bagaimana mempersimple blog yang ada adalah bagaimana mempercantik blog.
  2. Memberikan informasi yang cukup banyak : dengan desain tema yang cantik dan juga kompleks biasanya terdapat feature yang cukup banyak seperti feature yang menampilkan artikel terbaik dengan gambar yang cukup besar layaknya Koran. Topik yang utama diberikan dengan foto yang besar untuk menegaskan bahwa ini adalah berita yang paling menarik minggu ini (ini adalah blog dengan tema tipe magazine).
  3. Tidak membuat jemu pengunjung : beberapa pengunjung sangat memperhatikan hal seperti ini. Mereka suka dengan tampilan blog yang cantik. Biasanya adalah cewek-cewek menyukai hal hal seperti ini. Hal ini dapat dijadikan kunci mengapa kita perlu mendesain blog kita dengan cantik dan menjual barang secara online. Karean dengan desain yang cantik akan membuat orang tertarik melihatnya.

Kekurangan blog yang menggunakan tema cantik :

  1. Susah : pada point kelebihan no. 1 tadi telah disinggung membuat blog dengan tema yang cantik itu gampang-gampang susah. Hal itu dikarenakan memang banyak banget orang yang sudah menshare tentang cara membuat desain tema blog yang cantik. Tapi masih banyak orang juga yang bingung dengan caranya walaupun sudah dijelaskan sehingga banyak orang yang berusaha mempercantik blognya malah membuatnya menjadi jelek. Dikarenakan terlalu banyak feature yang terinstall secara tidak rapi dan feature tersebut tidak terlalu dibutuhkan.
  2. Lemot : blog dengan desain tema yang cantik sudah pasti banyak terinstall dengan feature-feature yang cantik seperti banyak gadget atau widget flash player yang terinstall. Hal itu akan berimbas terhadap kecepatan dalam meload data. Sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk blog tersebut terbuka secara sempurna.
  3. Pengunjung jadi lari : dengan lamanya proses blog tersebut agar terbuka secara sempurna maka akan membuat para pengunjung kita jadi bosan menunggu. Mereka akan berpikir daripada menunggu artikel ini lama terbuka karena masih loading mending aku cari artikel di blog yang lain. Jadi dapat disimpulkan kecepatan load juga perlu dipikirkan kembali ketika kita ingin memakain tema.

Itu saja sedikit info yang dapat saya berikan mengenai kelebihan dan kekurangan tema blog yang simple dan cantik. Maka pilihlah tema yang sesuai dengan kebutuhanmu.

6 Comments Add yours

  1. Admin says:

    Blog aku juga simple, saking simpelnya isinya juga dikit

    1. Hanggar PS says:

      hahahhahahah lucu jua komenmu gan, tak liat blogmu yah

  2. deta says:

    hmmmmmt ,kalo menurut q ya ,penilaian orang berbeda’ karena karakteristik orang yg beda” pula ,ya tergantung pemilik bloggnya aja dah mau milih tipe yg bagaimana ,tapi posting diatas bagus lho ,jadi tmbah pngetahuan ni ,

    1. Hanggar PS says:

      eaps thx atas komentarnya

  3. meli says:

    blog aku lemot bgt, o…h, ternyata salah satu alasannya karena tema kali yeee, heee…. baru tau, maklum masah awam…. makasai y,,,, aku mau ganti tema a…h

    1. Hanggar PS says:

      cari tema yang simple aja biar enak loadingnya

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s