Jadwal Jam Kerja Organ Tubuh Manusia


Banyak sekali orang yang masih sering begadang yang pada akhirnya banyak timbul penyakit akibat kebiasaan begadang itu. Atau banyak anak – anak yang susah tidur dan sering mengantuk dalam pelajaran di sekolah. Hal – hal tersebut disebabkan karena mereka kurang memiliki pemahaman terhadap jam kerja organ tubuh kita. Organ tubuh kita mempunyai jam kerja sendiri – sendiri. Untuk itu mari kita simak jadwal berikut :

LAMBUNG : 07.00 – 09.00

Organ lambung sedang kuat bekerja pada jam – jam ini. Maka dari itu dianjurkan untuk sarapan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh. Minum jus atau ramuan dianjurkan sebelum sarapan pagi di saat perut masih kosong, sehingga zat yang berguna akan segera cepat terserap oleh tubuh kita.

LIMPA : 09.00 – 11.00

Organ  limpa sedang kuat – kuatnya bekerja pada jam ini, dalam mengirim cairan nutrisi untuk energy pertumbuhan. Bila pada jam – jam ini Anda merasa mengantuk hal tersebut dapat diartikan bahwa fungsi organ limpa Anda lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

JANTUNG : 11.00 – 13.00

Organ jantung pada jam – jam ini sedang bekerja dengan kuat maka harus banyak beristirahat, hindari panas dan kegiatan fisik, ambisi dan emosi agar tidak menambah beban kerja organ jantung terutama penderita gangguan pembuluh darah.

HATI : 13.00 – 15.00

Organ hati pada jam ini bekerja dengan lemah, bila orang tidur, darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel – sel hati. Apabila fungsi hati kuat maka tubuh kuat untuk menangkal semua penyakit.

PARU – PARU : 15.00 – 17.00

Organ paru – paru lemah pada jam – jam ini. Maka diperlukan istirahat, tidur untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru – paru.

GINJAL : 17.00 – 19.00

Organ ginjal kuat bekerja dalam jam – jam ini. Sebaiknya digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

LAMBUNG : 19.00 – 21.00

Organ lambung bekerja lemah pada jam – jam ini. Maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang sulit untuk dicerna atau alama dicerna atau lebih baik untuk berhenti makan pada jam – jam ini.

LIMPA : 21.00 – 23.00

Organ limpa bekerja lemah pada jam – jam ini. Terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Maka dianjurkan untuk beristirahat. Misal dengan mendengarkan musik yang tenang untuk meningkatkan imunitas.

JANTUNG : 23.00 – 01.00

Organ jantung lemah pada jam – jam ini. Maka dianjurkan untuk beristirahat tidur, apabila masih terus beraktifitas seperti bekerja dan begadang maka akan dapat melemahkan fungsi jantung.

HATI : 01.00 – 03.00

Organ hati bekerja kuat pada jam – jam ini. Terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolism tubuh. Apabila ada gangguan fungsi hati tercermin pada kotoran dan gangguan mata. Apabila ada lukan dalam akan terasa nyeri.

PARU – PARU : 03.00 – 05.00

Organ paru – paru pada jam – jam ini bekerja dengan kuat. Terjadi proses pembuangan limbah atau racun pada organ paru – paru. Apabila terjadi batuk – batuk, bersin – bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru – paru. Maka dianjurkan untuk sering melakukan olah nafas untuk mendapatkan energy paru – paru yang sehat dan kuat serta kurangi aktifitas yang dapat melemahkan fungsi paru – paru seperti merokok.

USUS BESAR : 05.00 – 07.00

Organ usus besar bekerja kuat pada jam – jam ini. Maka dianjurkan untuk membiasakan diri BAB (Buang Air Besar) secara teratur pada jam – jam ini.

Setelah kita mengetahui jam kerja di atas dimana pada jam – jam terntenu ada organ yang kuat bekerja dan lemah bekerja. Maka marilah kita untuk mulai menjaga kesehatan organ tubuh kita. Mulai kurangi kebiasaan – kebiasaan yang dapat melemahkan fungsi organ tubuh kita.

Sumber : Majalah Al Falah & http://www.caricadieng.wordpress.com

22 Comments Add yours

  1. wah ternyata organ tubuh manusia ada jadwal kerjanya yah
    sangat menarik informasinya dan menambah ilmu pengetahuan buat saya ^_^

    1. Hanggar PS says:

      saya juga baru tau itu kemarin mas, ketika membaca majalah Al Falah

  2. dadang says:

    ternyata tidak kayanya tidak semua orang tau ya bahwa organ tubuh itu ada jadwalnya, jadi tau skarang, tambah pengetahuan yg sangat berharga, thanks.

    1. Hanggar PS says:

      ok sama sama mas

  3. qoliz says:

    kayak siaran tv aja yah ada jadwalnya hehehe tpi nice inponya gan thanks🙂

    1. Hanggar PS says:

      oke sama sama gan

  4. Az says:

    Ijin share gan..

    1. Hanggar PS says:

      monggo di share yah bukan di copy paste:mrgreen:

  5. muhd akbar says:

    Organ tubuh juga punya jam kerjanya masing-masing yah?
    Demi kesehatan seharusnya gaya hidup seperti ini diutamakan.
    terima kasih infonya🙂

    1. Hanggar PS says:

      okay sama sama mas bro semoga artikel ini membuat Anda untuk berpikir 2x ketika mau begadang malam hihihihihihi🙂

      1. muhd akbar says:

        yo, kebiasaan ini harusnya dihilangkan.

      2. Hanggar PS says:

        tapi yang namanya blogging kan sudah identik dengan yang namanya “Begadang”😳

      3. muhd akbar says:

        untuk mengejar deadline terkadang begadang jadi pilihan, namun segalanya tergantung blogger itu sendiri dalm mengatur waktu dengan baik pula. Hitung-hitung investasi kesehatan untuk bisa ngeblog untuk waktu yang cukup lama🙂

      4. Hanggar PS says:

        heem aku sendiri juga seperti itu lo udah ngejar deadline ya sering begadang sampe lupa waktu

  6. ivanprakasa says:

    kadang jam 9-11 aku ngantuk. karna kurang tidur atau karna limpa aku lemah ya?
    aku suka bangun jam 3 pagi dan bersin2 brati paru-paru aku lemah ya? padahal aku ga ngerokok loh…😦

    1. Hanggar PS says:

      wah itu perlu dicheck mas, mumpung blum parah gitu.

      1. ivanprakasa says:

        yah aku bingung di jepang ngecek dimana…
        gpp lah… aku yakin kalo baik2 saja… hehehe😀

      2. Hanggar PS says:

        loh sampean dijepang tah mas❗

      3. ivanprakasa says:

        iyah huehehe😀

      4. Hanggar PS says:

        ngapain dek sono mas

  7. Faisal says:

    Itu dalam wib ya,dalam wita gimana?

    1. Hanggar PS says:

      itu secara general mas

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s