Menggabungkan 2 Data Menjadi 1 Data di Excel


Kemarin saya sedang merapikan database karyawan. Sekedar menginformasikan ke pembaca bahwa database karyawan di tempat saya masih menggunakan Microsoft Excel. Ada 2 data yang ingin saya gabungkan. Ingat ini bukan merge cell lo yah. Gambarannya adalah seperti ini :

  • Di cell A1 terdapat data level pendidikan yaitu S1
  • Di cell B1 terdapat data jurusan pendidikan yaitu Psikologi

Saya ingin menggabungkan 2 data tersebut supaya menjadi 1 data yaitu menjadi S1 Psikologi. Pertanyaannya adalah :

Mengapa harus digabungkan bukanlah kita tinggal mengetik ulang saja kan sudah beres ?

Jika Anda bertanya seperti itu saya akan menjawab : “Ya itu lo cuman satu kali ngetik aja tak masalah masalahnya ada 200 lebih orang yang datanya harus saya gabungkan jadi bila saya ngetik maka saya akan membuang waktu”. Pertanyaan berikutnya :

Bagaimana caranya supaya data diatas tadi dapat kita gabungkan mas ?

Saya akan menjawab : “Pastinya menggunakan rumus Excel”. Pasti kalian berpikir kedengarannya sangat sulit yah bila sudah berhubungan dengan rumus merumus. Begini rumusnya :

=CellPertama&” “&CellKedua

Mudahkan rumusnya bila masih kurang paham silakan download filenya di sini.

Semoga membantu Anda dalam pengerjaan tugas yang menggunakan Excel ^_^

8 Comments Add yours

  1. awang says:

    thank yah…

    1. Hanggar PS says:

      woke😉

  2. onie says:

    ada lgi gga rumus yg lain

    1. Hanggar PS says:

      belum nemuin mas, tergantung dari filenya juga mas, untuk nemuin rumus baru harus melihat problem dan kendala dari file itu

  3. kalao mau menggabungkan data dengan kondisi sep[erti ini bagaimana ya?

    data 1 : nama – tgl_lhr – no_kk – nik (no_kk dan nik) kosong
    data 2 : nama – tgl_lhr – no_kk – nik (semua terisi)

    jadi saya inginnya no_kk dan nik terisi sesuai dengan nama dan tgl_lhr nya.?
    jadi kalau nama dan tgl_lhr sama maka isi no_kk dan nik nya?

    1. Hanggar PS says:

      mudah sekali tinggal menggunakan format vlookup, kirimkan datanya ke alamat email saya di arsipmerahputih@gmail.com saya akan bantu menggabungkan dari situ nanti silakan dipelajari rumusnya saya tunggu emailnya

  4. aswin if says:

    Om klo sy punya data 1 yg salah satu kolomnya hendak sy gabungkan dengan data 2 yg salah satu kolomnya punya ada yg sm dgn kolom 1 tp tidak semuanya sm hanya beberapa saja. Bgm cara sy menggabungkannya. Tks

    1. Hanggar PS says:

      Gunakan rumus Vlookup dan Hlookup

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

