Menjaga Amanah


Ada suatu cerita di zaman Nabi Muhammad SAW ketika berperang. Di suatu padang rumput ada seorang penggembalan domba, tak jauh dari penggembala itu ada serigala. Kemudian si penggembala itu menegur si serigala, “Hai serigala kenapa engkau di sini ?”. Si serigala menjawab dengan balik bertanya, “Kamu sendiri kenapa malah menggembala domba di sini bukannya seharusnya kamu ikut menemani Nabi Muhammad berperang”. Si penggembalan dan si serigala tadi saling berdebat kenapa mereka di sini. Kemudian si serigala menawarkan bagaimana kalau si penggembala domba tadi untuk ikut berperang dan membiarkan dirinya menggembalakan domba – dombanya. Si penggembala tadi tidak percaya dia berkata, “Ah aku gak percaya dan bisa – bisa nanti domba – dombaku akan habis kamu makan”. Si serigala balik menjawab, “Percayalah padaku aku akan menjaga domba – dombamu dan saat aku kembali nanti akan utuh seperti saat kamu tinggalkan”. Entah mengapa si penggembala tadi percaya dan mengiyakan tawaran dari si serigala tadi. Singkat cerita setelah perang selesai si penggembala tadi kembali padang rumput dan terkejut karena domba – dombanya masih utuh seperti saat dia tinggalkan.

Yang dapat kita petik dari cerita di atas bahwa seekor hewan saja seperti serigala dapat menjaga amanahnya kepada manusia maka kita yang seorang manusia harusnya tidak boleh kalah juga. Kita harus menjaga amanah kita kepada sesama manusia dan juga amanah yang diberikan oleh Sang Pencipta kita untuk menjadi khalifah di bumi ini.

2 Comments Add yours

  1. aira says:

    maaf,mau tanya sumber nya yang jelas,apakah kisah ini ada riwayatnya mohon disebutkan

    1. Hanggar PS says:

      saya kurang tau pasti sumbernya karena kisah ini dishare ketika apel pagi hari di tempat aku bekerja. Maaf bila kurang membantu

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s