Identitas Diri atau Karakter Diri


Setiap insan manusia mempunyai karakter sendiri – sendiri. Karakter itu dibentuk dari lingkungan, pendidikan, orang tua. Nah bagaimanakah sebenarnya karakter itu bisa terbentuk ? Menurut saya karakter itu terbentuk dari beberapa langkah berikut :Pikiran

Semua hal itu selalu berawal dari pikiran. Pikiran manusia itu sangatlah luar biasa. Bagaimana tidak luar biasa bila apa yang kita pikirkan dengan sangat kuat dan yakin, Itu bisa menjadi kenyataan. Ingat pikiran itu adalah doa. Pikiran yang positif akan membawa kepada hal yang positif dan pikiran yang negatif akan membawa kepada hal yang negatif juga. Sehingga orang yang mempunyai pikiran positif bisa dikatakan dia mempunyai karakter yang baik pula.

Ucapan

Organ tubuh manusia yang bernama mulut itu terhubung dengan dengan otak. Secara tidak sadar apa yang kita pikirkan itu bisa kita ucapkan dengan begitu saja. Beberapa orang mampu untuk pikiran dan mulutnya namun beberapa orang tidak mampu sehingga terkadang bila ada hal – hal yang semestinya hanya dibicarakan oleh dirinya sendiri di dalam pikiran namun malah terucap. Maka berpikirlah yang baik agar menghasilkan ucapan yang baik pula

Perbuatan

Apa yang kita ucapkan biasanya kita lakukan, 80 % itu benar, bahwa orang sering bilang aku kan ngerjain soal ini dengan cara ini maka ia pun akan mengerjakan soal tersebut seperti dengan apa yang ia ucapkan. Sekali lagi semua bersumber dari pikiran kemudian ucapan dan akhirnya perbuatan.

Kebiasaan

Apa yagn kita lakukan secara berulang – ulang dan terus – menerus pada akhirnya akan menjadi kebiasaan. Contohnya kita melakukan olahraga di pagi hari. Kemudian esoknya kuk pengen olahraga lagi yah karean kemarin pas joging liat ada ce cantik, Yah jadinya akhirnya terbiasa olahraga pagi. Olahraga yang dimaksud bukanlah joging tapi pengen liat ce cantik lagi gtu hihihihi. Punya kebiasaan cuci mata akhirnya hihihihih.

Karakter / Identitas Diri

Kita lanjutkan menggunakan contoh di kebiasaan tadi. Dia mempunyai kebiasaan melihat ce cantik pas olahraga. Bila itu terus diulang dan diulang akhinya hal yang menjadi kebiasaan tersebut menjadi identitas dirinya bahwa dia itu suka melihat ce cantik.

 

Yah itu sedikit cerita yang dapat sharingkan terilhami ketika menjadi cameraman dari salah satu training yang diselenggarakan di perusahaan tempat saya bekerja. Semoga kalian semua dapat berpikiran yang positif agak mempunyai ucapan dan perbuatan yang baik. Dari ucapan dan perbuatan yang baik akhirnya Anda dapat memiliki kebiasaan yang baik. Dari kebiasaan yang baik Anda akan secara tidak langsung membentuk karakter pribadi yang baik pula.

5 Comments Add yours

  1. kikyrose says:

    the strenght of mind🙂 setuju🙂

    1. Hanggar PS says:

      huuuumt emang kekuatan pikirn itu sangatlah besar

    2. Hanggar PS says:

      tu anak dari kemarin marin aku posting ini artikel kuk masih aja ngupil yah hihihihi

      1. kikyrose says:

        maksudnya? o.0

      2. Hanggar PS says:

        liaten foto adek bayi yang ngupil itu lo hihihihi gak selesai selesain ngupilnya dari kemarin aku posting artikel ini

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s