Bagaimana Menghadapi Kritikan ?


Sudah sewajarnya kita sebagai seorang manusia lebih menyukai pujian dibandingkan dengan kritikan. Namun orang tak pantas mendapat pujian bila ia tidak mampu menerima kritikan. Itu adalah kata yang dilontarkan oleh Halle Berry  ketika dia menerima Penghargaan Razzie (adalah penghargaan untuk artis dengan akting terburuk) di film berjudul “Cat Woman”. Padahal sebelumnya pernah mendapat Penghargaan Oscar di film berjudul “Die Another Day”.

Benar apa yang dikatakan oleh bintang film Hollywood tadi bahwa orang yang tidak mau menerimam kritikan belum pantaslah bila dia diberikan pujian. Berikut ini saya berikan beberapa tips yang dapat dilakukan agar kita mampu menerima kritikan tanpa merasa jengkel atau sakit hati :

Merubah paradigma terhadap kritikan

Orang biasanya menanggapi sebuah kritikan dengan rasa tersinggung. Mereka tidak memahami lebih dalam arti dari sebuah kritikan yang diberikan kepada dirinya. Kita harus merubah pemikiran kita bahwa tak selamanya kritikan itu adalah buruk. Dengan menerima kritikan lebih ikhlas kita akan dapat untuk memperbaiki diri lebih baik.

Carilah sudut pandang pengkritik

Kita tersinggung karena kita hanya melihat dari sudut pandang kita saja. Kita tidak melihat dari sudut pandang pengkritik. Mengapa dan apa sebabnya mereka melakukan kritik kepada kita. Apakah mereka melakukan kritik karena kita salah, apa karena merekan ingin kita berubah menjadi lebih baik, atau malah karena kita memang tidak suka kepada kita. Dengan kita bisa melihat sudut pandang pengkritik kita bisa memberikan tanggapan atau respon yang ingin didengar oleh si pengkritik.

Selalu berpikir positif

Berpikiran positif sebenarnya adalah kita melakukan cara yang sama dengan merubah paradigma terhadap kritikan. Kita harus menghilangkan pikiran buruk di diri kita bahwa orang itu mengkritik kita karena tidak suka akan apa yang kita lakukan.

Hadapi kritikan dengan senyuman

Dengan bersenyum kita akan lebih mudah dalam menghadapi kritikan. Misalnya ada orang yang tidak suka kepada kita kemudian dia mengkritik kita. Dengan menghadapi orang yang tidak suka dengan kita dengan senyuman bisa membuat orang yang tidak suka kepada kita merubah pandangan ke kita bahwa kita tak seburuk seperti yang ia kira.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan agar Anda dapat menerima kritikan dengan ikhlas dan lebih melihat terhadap maksud dan tujuan dari kritikan itu. Semoga bermanfaat. Jangan lupa like blog aku yah ^_^

One Comment Add yours

  1. Hanggar PS says:

    Semoga dengan artikel ini kalian akan lebih bisa dalam memahami sebuah kritikan yang ada di sekitar kita

Komentar adalah wujud apreasiasi atas artikel saya ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s