Wisata Impian di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur

by Hanggar PS


Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Inilah tempat tinggalku sekarang. Namun ini sangat menyenangkan bagiku tinggal di kota baru, suasana baru, teman baru, dan pacar baru hahahahahaha. Tapi apa hal baru yang aku paling ingin tau. Hal baru itu adalah menambah daftar tempat wisata yang pernah aku kunjungi. Setelah cukup lama tinggal di sini punya kenalan baru ya mulai beraksi untuk mencari info tempat wisata yang bagus di sini. Akhirnya aku dapat 4 tempat wisata yang ada di sekitar sini :

  1. Kebun Raya Purwodadi
    1. Alamat : Jl. Raya Purwodadi – Kabupaten Pasuruan, Lihat Peta
    2. Email : kriplipi@malang.wasantara.net
    3. Website : http://www.krpurwodadi.lipi.go.id
    4. Phone : (0341) 426046
    5. Foto :

    Foto Kolam di Kebun Raya Purwodadi

  2. Taman Safari Indonesia 2 Prigen
    1. Alamat : Lihat Peta
    2. Email : marketing@tamansafari2.net
    3. Website : http://tamansafari2.com & http://tamansafari2.net
    4. Phone : (0343) 7735000 [hunting], (0343) 7750225 [sales & marketing direct line]
    5. Foto :

      Peta Taman Safari 2

  3. Air Terjun Kakek Bodo
    1. Alamat : Wisata Tretes, Prigen, Jawa Timur
    2. Email : -
    3. Webiste : -
    4. Phone : -
    5. Foto :

    Air Terjun Kakek Bodo

  4. Candi Jawi
    1. Alamat : Prigen, Jawa Timur (Lihat Peta)
    2. Email : -
    3. Website : -
    4. Phone : -
    5. Foto :

    Candi Jawi

  5. The Pines
    1. Alamat : Taman Dayu, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur
    2. Email : -
    3. Website : http://www.thetamandayu.com/recreational-the-pines.php
    4. Phone : -
    5. Foto :

      The Pines

Nah sudah ada 5 tempat wisata yang ada di sekitar sini. Trus kenapa judulnya “Wisata Impian di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur” ? Nah untuk menjawab pertanyaan itu kita lihat dulu akar masalahnya. Di Pandaan cuman ada 4 tempat wisata itu. Beda dengan di daerah Batu, Malang yang banyak dengan wisatanya seperti Jatim Park 01, Jatim Park 02, Batu Night Spectacular (BNS), Coban Rondo & Coban Pelangi, Songgoriti, Cangar, Pantai Balaikambang, Pantai Sendang Biru, bahkan Pulau Sempu. Lengkap deh lo di Malang lo mau cari apa aja pasti ada maka pantaslah lo disebut dengan Kota Wisata. Tapi kali ini kita tidak lagi bicarain Kota Wisata Malang. Kita kan bicara soal wisata di Pandaan.

Jatim Park 01

Pandaan tidak memiliki tempat wisata yang sebanyak di Malang. Kita kan tidak mungkin lo cuman ke tempat wisata yang 4 tak sebutin di atas melulu. Pastinya yang ada kita kan bosan. Akhirnya jadi pengen tau aku tempat wisata apa yang ingin ada di kota Pandaan ini. Aku tergolong orang yang aktif di jejaring sosial terutama Facebook (Add aku yah kawan – kawan hanggarps ^_^). Dari jejaring sosial aku banyak melakukan penambahan teman terutama teman yang berasal dari Pandaan. Kemudian aku tanya kepada teman – temanku di Pandaan apa wisata impian kalian di Pandaan ? Jawaban mereka beragam sekali. Berikut jawaban yang saya telah terima dari kawan – kawanku di jejaring sosial :

  1. Wisata Pantai
    1. Lo boleh komentar ini sich ide yang aneh gtu, tapi semua ide itu harus gila biar memberikan inspirasi dan inovasi baru. Tapi tetep aja ni gak mungkin lo ide jadi terwujud pasti Malang jadi Lautan hahahahaha. Kalau boleh usul daripada pada pantai mending manfaatin tempat yang ada seperti Lumpur Lapindo itu dipake aja buat wisata air. Ntar pada luluran pake lumpur gtu pasti kulitnya jadi halus hihihihi. Lo cuman wisata air yang dicari ada itu beberapa kolam renang di Pandaan yang bisa saya rekomendasikan.
    2. Wisata Pantai

  2. Wisata Arena Bermain
    1. Ada yang pengen wisata arena bermain seperti Jatim Park. Jatim Park kan luas banget tuch. Misal lo ide itu terwujud pasti banyak banget para petani yang akan beralih profesi. Kenapa beralih profesi yah karena sawah jadi arena bermain gtu. Mereka kan jadi penjaga arena bermain yang memakai caping (topi khas para petani) hihihihi. Nanti nama tempatnya “Caping Island” unik kan.
    2. Arena Bermain

  3. Wisata Belanja
    1. Nah yang satu ini yang paling banyak mendapat sorotan dari teman – temanku. Mereka paling banyak pengen ada wisata belanja alias mall gitu. Karena memang di sini tidak ada mall jadi buat para pengusaha yang banyak duwit tapi bingung mau ngabisin duwit kemana. Cepet bikin mall aja di Pandaan pasti laku keras deh. Dijamin wis karena sudah tak survey. Anak muda di sini lo mau belanja ke mall yang harus ke Malang (Matos, MOG, Malang Plaza) atau Surabaya (Sutos, JMP, Tunjungan Plaza, dll). Lo di Pandaan sich yang ada cuman toko baju doank. Kenapa banyak toko baju mungkin karena baju mereka pada cepet rusak jadi sering beli baju gtu hihihihi.
    2. Wisata Belanja

Itulah wisata impian yang teman – temanku inginkah. Sekarang tinggal 1 orang yang belum aku tanya. Apa wisata impian kamu mas Hang ? Lo ditanya ini aku akan menjawab dengan 2 jawaban :

  1. Alun – Alun Kota
    1. Alun – Alun Sidoarjo

    2. Alun – Alun Bangil

    3. Alun – Alun Satyanegera Sukoharjo, Jawa Tengah

    4. Dulu semasa masih di Sukoharjo, Jawa Tengah, tiap minggu pagi aku selalu joging ke alun – alun kotanya. Alun – alun kotanya cukup luas jadi bila joging mengitari itu alun – alun 3x aja yah udah sangat amat capek. Ketika aku sampai di Pandaan yang aku tau tempat jogging cuman ada 1 yaitu di Taman Dayu (Lihat Peta). Berbeda dengan track yang aku sering lewati untuk jogging yang memutari alun – alun kota Sukoharjo yang berbentuk persegi, namun di Taman Dayu tracknya hanyalah sebuah jalan yang lurus. Walau dibandingkan dengan alun – alun kotaku dulu Taman Dayu lebih sejuk dan indah dengan pepohonannya yang cukup rindang namun aku lebih suka di alun – alun kotaku yang dulu. Karena bila sudah capek kan kita bisa beli jajanan seperti : es bubur kacang ijo, bubur ayam, jamu, es teh, kue leker dan banyak deh pokoknya. Lagian di Taman Dayukan ada larangan tuch

      Larangan di Taman Dayu

      Larangan di Taman Dayu

      jadinya gak seasyik di tempat aku dulu. Denger – denger sich mau dibuat alun – alun di Pandaan. Masa Sidoarjo ada alun – alun. Bangil juga ada alun – alun masa Pandaan yang di tengah – tengahnya gak ada alun – alun. Dari kabar burung yang aku dengar katanya sich kalau tidak di Pasar Pandaan, Terminal Pandaan ya mungkin di deket Taman Dayu, tapi ya gak tau lah aku tempat pastinya kapan. Tapi aku berharap banget ada alun – alun di sini jadinya bisa jogging dengan nyaman.

  2. Bioskop
    1. Foto Bioskop Kediri

    2. Bioskop jadi wisata impian ? Kalian pasti heran kenapa ini jadi wisata impian. Secara aku termasuk orang yang jarang nonton ke bioskop hahahaha. Karena pikirku dulu nonton di komputer lebih asyik kan tidak pake bayar gitu. Tapi dulu pas di Kediri aku nonton bioskop ama pacarku ternyata asyik juga yah. Jadi ya kepengin di sini jua ada bioskop biar gak diejek ama pacar di sini gak ada bioskop gak gaul gitu katanya.
  3. Wisata Industri
    1. Perusahaan Air Kemasan Cheers

    2. Easterntex

    3. Di Pasuruan kan banyak banget tuch pabrik – pabrik. Ada pabrik tutup botol, ada pabrik minuman ada pabrik textile. Kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk wisata industri. Pastinya akan lebih baik. Tidak sekedar untuk menghasilkan produk namun juga dapat menambah wawasan generasi muda. Mereka kan jadi tahu dunia industri itu seperti apa sich ?

Dah tiga sajalah wisata impian yang aku inginkan ada di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur bila terlalu banyak namanya bukan wisata impian lagi. Sebelum wisata impian kita terwujud sudah sepantasnya kita mulai dari sekarang untuk rajin menabung untuk persiapan mengunjungi wisata – wisata impian tadi bila kelak sudah ada.

About these ads